PENANDATANGANAN MoU DAN PENYERAHAHAN MODAL AWAL BERGULIR PROGRAM PENGEMBANGAN KEWIRAUSAHAAN MELALUI GERAKAN “ONE GROUP ONE BUSINESS”

Jember, pada hari Jumat (20/11) bertempat di Vocational Hall SMK Negeri 4 Jember, sejumlah 10 Direktur baru yang terbentuk dalam gerakan “One Group One Business” terlihat hadir dalam kegiatan penandatanganan MoU dan penyerahan modal awal bergulir. Acara yang dibuka oleh Kepala SMK Negeri 4 Jember, Bapak Drs. Mohamad Ghozali tersebut berlangsung selama kurang lebih 60 menit.

Pada awal acara, Bapak Drs. Mohamad Ghozali menyampaikan bahwa sebagai pelajar yang lekat dengan pendidikan vokasi harus bisa berpikir dan bertindak secara inovatif, kreatif, dan produktif. Dimana jumlah pengangguran di Indonesia yang kian tahun kian meningkat, maka dari itu sebagai siswa Sekolah Menengah Kejuruan, para peserta diharapkan dengan tugas barunya sebagai seorang wirausahawan dapat mengembangkan usahanya hingga bisa menciptakan lapangan pekerjaan baru.

Setelah penyampaian dari Kepala Sekolah berakhir, acara dilanjutkan dengan penandatanganan MoU sekaligus penyerahan modal awal bergulir dari Kepala Sekolah kepada Direktur dari masing-masing program keahlian, yakni OTKP (Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran), AKL (Akuntansi dan Keuangan Lembaga), BDP (Bisnis Daring dan Pemasaran), MM (Multimedia), dan PSPT (Produksi dan Siaran Program Televisi). Acara tersebut juga disaksikan langsung oleh masing-masing Ketua Program Keahlian dan juga guru pendamping.

Acara penandatanganan MoU dan penyerahahan modal awal bergulir merupakan serangkaian acara dari Program Pengembangan Kewirausahaan Melalui Gerakan “One Group One Business”. Sebelumnya, tim panitia dan para peserta telah melalui serangkaian kegiatan, mulai dari pendaftaran grup untuk para peserta, seleksi administrasi, pengumuman hasil, pelatihan kewirausahaan dan penyelarasan kemitraan dengan DUDI/praktisi, pengembangan proposal rencana usaha, hingga pada verifikasi dan pengumpulan proposal usaha. Selanjutnya setelah kegiatan penandatanganan kontrak kerja dan penyerahan modal bergulir (modal awal), para peserta akan melaksanakan tahapan realisasi usaha, pendampingan usaha, monitoring, hingga pelaporan perkembangan usaha.

Seluruh kegiatan ini, yakni Program Pengembangan Kewirausahaan Melalui Gerakan “One Group One Business” berada dalam pembinaan, konsul, dan monitoring Direktorat MITRASDUDI Dirjen Vokasi Kemendikbud bersama Universitas Bina Nusantara Jakarta. Kedepannya, melalui kegiatan yang menjadi bagian dalam PPS (Program Pengembangan Sekolah) ini dapat melahirkan wirausahawan-wirausahawan muda yang berbakat di dunia kewirausahaan hingga mampu menyediakan lapangan pekerjaan baru bagi orang lain.

"One Group One Business merupakan sebuah inisiatif dari SMKN 4 Jember yang bertujuan menumbuhkan semangat dan jiwa kewirausahaan dari siswa-siswa SMK. Program ini memungkinkan siswa-siswa yang berpartisipasi untuk memberikan proposal usaha dan mendapatkan program pendampingan yang sesuai dengan jenis usaha mereka. Secara umum, program ini sangatlah menjanjikan sebagai suatu inisiasi mendorong tumbuhnya minat wirausaha dan memupuk kecakapan dalam bidang-bidang yang relevan sebagai seorang wirausaha. Tak lupa, keterlibatan dari pelaku industri merupakan suatu nilai tambah bagi program ini" papar Dr. Adilla Anggraeni selaku Deputy Head of Program, Business Management and Marketing, Binus Business School.

Pada kegiatan penandatangan MoU tersebut, terlihat para direktur baru sangat antusias mengikuti acara dari awal hingga akhir. Salah satunya adalah Devi Erfana. Direktur Esthetic Wall Décor tersebut berujar bahwa ia bangga bisa terlibat langsung dalam kegiatan positif yang diadakan oleh sekolah. “Dari awal, saya sangat antusias untuk mengikuti gerakan “One Group One Business” ini karena ingin menambah pengetahuan dibidang kewirausahaan, ingin menambah pengalaman berbisnis, serta juga ingin menyalurkan minat saya dalam dunia wirausaha. Saya bersyukur bisa ikut bergabung dan berpartisipasi aktif dalam kegiatan ini” ungkap peserta sekaligus direktur yang berasal dari Program Keahlian PSPT tersebut.

Sedangkan guru pendamping yang ikut mengawal para peserta dari proses pendaftaran hingga pelaporan perkembangan usaha nantinya, juga mengapresiasi gebrakan baru yang dihadirkan di SMK Negeri 4 Jember tersebut. “Program Pengembangan Kewirausahaan melalui Gerakan “One Group One Business” ini sangat bermanfaat sekali bagi seorang pelajar, khususnya siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Karena melalui kegiatan ini, para siswa atau peserta mendapatkan beragam fasilitas berharga, seperti pelatihan kewirausahaan bersama para ahli, mendapatkan modal dari sekolah, serta mendapatkan pendampingan hingga akhir. Tentu melalui kegiatan ini siswa bisa memulai langkah awalnya untuk menjadi wirausahawan sukses di masa depan dengan bekal yang sangat cukup” ujar Atiyatul Mawaddah, salah seorang guru pendamping. (Aty)

JOB MATCHING FAIR ONLINE 2021 SMKN4 JEMBER
09 Jun 2021 03:35 - AdministratorJOB MATCHING FAIR ONLINE 2021 SMKN4 JEMBER

Pada hari Kamis (3/6) BKK SMKN 4 Jember melaksanakan Job Matching Fair Online di Vocational hall SMKN 4 Jember melalui zoom meeting. Pelaksanaan virtual job fair ini untuk menjembatani fresh graduate dan alumni dengan dunia industri.
Job Matching Fair Online ini menghadirkan 15 perusahaan yaitu :
1 [ ... ]

Other Articles

Jumlah Pengunjung

77891
Hari iniHari ini21
KemarenKemaren104
Minggu inMinggu in1008
Bulan iniBulan ini2859
Total PengunjungTotal Pengunjung77891

Kontak Kami

SMK NEGERI 4 JEMBER

Telepon : 0331/487488

E-mail :

No., Jl. Kartini 1,  Jemberlor, Patrang, Kabupaten Jember, Jawa Timur 68118,

INDONESIA