LOMBA RECYCLE PRODUK DI SMK NEGERI 4 JEMBER

Jember – Seluruh siswa-siswi SMK Negeri 4 Jember kelas X (sepuluh) dan kelas XI (sebelas) kompak mengikuti lomba recycle produk yang diadakan oleh guru PPL Universitas Jember. Kegiatan lomba yang satu ini merupakan pengolahan sampah plastik untuk dapat didaur ulang dan bisa dijual hingga menghasilkan keuntungan.

Lomba yang menanamkan nilai kewirausahaan bagi anak-anak ini, dimulai sejak 27 agustus 2018 hingga 10 september 2018. Aktifitas kompetisi ini dimulai dengan pembuatan produk recycle pada 27 agustus – 03 september. Adapun mengenai kriteria barang bekas yang digunakan adalah, kantong plastik, plastik mamiri, botol plastik, dan kertas. Dan untuk setiap kelas X dan XI diwajibkan untuk membuat minimal tiga produk daur ulang. Nantinya, ketiga produk yang telah dibuat oleh peserta lomba, diharuskan untuk difoto dan dikirim kepada panitia lomba, yang selanjutnya akan di posting di media sosial Instagram.

Pada 04 september – 09 september, dilanjutkan dengan tahap pemasaran produk daur ulang yang telah dibuat sebelumnya. Media pemasaran yang bisa dipilih oleh peserta lomba meliputi, sosial media, toko online (bukalapak, shopee, tokopedia), dan penjualan secara langsung atau offline. Dalam tahap ini, panitia lomba meminta kepada seluruh peserta untuk memberikan bukti dokumentasi atau screenshoot terhadap media pemasaran yang digunakan, percakapan dengan pemberli, serta transaksi dengan pembeli. Hal ini untuk menjadi bukti penjualan yang telah dilakukan oleh para peserta lomba recycle produk.

Dan tepat pada 10 september 2018, dilakukan tahap penilaian oleh dewan juri. Kriteria yang dinilai dilihat dari aspek jumlah like terbanyak di sosial media, kreativitas, daya fungsi produk, keindahan, dan poin tambahan untuk produk yang terjual. Untuk seluruh biaya yang dikeluarkan selama produksi dibebankan kepada uang kas kelas, yang berasal dari iuran setiap peserta lomba.

“Kelas kami membuat kotak tissue dari sedotan, vas bunga dari botol plastik, dan kotak serbaguna dari kardus bekas. Semua produk daur ulang dibuat oleh anggota kelas selama kurang lebih dalam kurun waktu satu minggu.” ujar Safura, salah seorang pengurus kelas XI PSPT.

Lomba kreatif ini bertujuan untuk memupuk jiwa wirausahawan muda di kalangan pelajar SMK, mendorong inovasi generasi muda dalam beriwirausaha dengan memanfaatkan barang bekas, mewujudkan penguatan pendidikan karakter siswa, dan menyiapkan para pelajar di era persaingan era Masyarakat Ekonomi Asean. Seluruh elemen SMK Negeri 4 Jember turut berbangga dengan diadakannya lomba yang mengasah daya imajinasi dan daya kreativitas siswa tersebut. (Aty)

Semangat Siswa Progli PSPT dalam Kegiatan Praktek ...
19 Sep 2018 08:24 - AdministratorSemangat Siswa Progli PSPT dalam Kegiatan Praktek Produksi Studio Plan

Jember – Senin (17/09), sebanyak 31 siswa kelas XI PSPT (Produksi dan Siaran Program Televisi) terlihat antusias menyelesaikan proyek Tata Artistik yang diampu oleh guru produktif PSPT, Budi Setiono, S. Sos. I. Proyek mata pelajaran kelas yang mulai dikerjakan dari 6 agustus ini, menugaskan sisw [ ... ]

Other Articles

Jumlah Pengunjung

1577
Hari iniHari ini39
KemarenKemaren26
Minggu inMinggu in90
Bulan iniBulan ini1142
Total PengunjungTotal Pengunjung1577

Login Form

Kontak Kami

SMK NEGERI 4 JEMBER

Telepon : 0331/487488

E-mail :

No., Jl. Kartini 1,  Jemberlor, Patrang, Kabupaten Jember, Jawa Timur 68118,

INDONESIA